Lencana Facebook

Thursday, 1 March 2018

Soal Dasar-Dasar Administrasi Perkantoran Paket C 2018


Otomatisasi Perkantoran

1.          Alat atau perangkat yang dapat menampilkan gambar/ikon aplikasi pada sebuah computer dinamakan ….
A.    Keyboard
B.     Monitor
C.     Mouse
D.    Personal Cumputer (PC)
E.     Hardisc

2.          Untuk mengatur posisi lembar kerja secara Portrait atau Landscape, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah ….
A.    Page Layout, Columns, Portrait atau Landscape sesuai dengan yang diinginkan
B.     Page Layout, Orientation, Custom Margin, atur pinggir kertas yang diinginkan
C.     Page Layout, Size, Portrait atau Landscape sesuai dengan yang diinginkan
D.    Page Layout, Margin, Portrait atau Landscape sesuai dengan yang diinginkan
E.     Page Layout, Orientation, Portrait atau Landscape sesuai dengan yang diinginkan

3.          Agar suatu ketikan dapat tercetak MIRING, maka format teks yang harus dilakukan adalah ….
A.    Blok teks pilih Underline
B.     Blok teks pilih Bold
C.     Blok teks pilih Italic
D.    Blok teks pilih Font
E.     Blok teks pilih Font Size

4.          Untuk menghasilkan suatu ketikan yang pada setiap kata diawali dengan huruf Besar, maka harusn dilakukan dengan cara ….
A.   Blok teks kalimat pilih Sentence case
B.   Blok teks kalimat pilih lowercase
C.   Blok teks kalimat pilih UPPERCASE
D.   Blok teks kalimat pilih Capitalize Each Word
E.    Blok teks kalimat pilih tOGGLE cASE

5.          Perhatikan berikut ini, langkah-langkah menggunakan teleconference yang diacak!
1.      Pilih software Microsoft Visual C# 2005
2.      Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP yang terdapat pada komputer.
3.      User harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih radio button
4.      Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi, akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi
5.      Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada di kanan bawah.

Langkah-langkah menggunakan teleconference yang benar adalah ....
A.    1,2,3,4,5
B.     1,3,2,5,4
C.     1,2,3,5,4
D.    1,2,5,4,3
E.     1,5,4,3,2

6.            Perhatikan uraian di bawah ini,
1.      Tekan tombol seleksi saluran yang dimaksud
2.      Tekan tombol pemanggil yaitu tombol “C” sehingga terdengar nada panggil tuut-tuut
3.      Angkat gagang telepon
4.      Lakukan pembicaraan

Langkah-langkah menggunakan Intercom y yang benar adalah ....
A.    1,2,3,4
B.     3,1,2,4
C.     2,3,1,4
D.    2,3,1,4
E.     3,2,1,4

7.          Agar ketikan teks table yang ada pada kolom A dan kolom B dapat bergabung menjadi satu kolom, maka langkah yang harus dilakukan adalah ….
A.    Blok kolom A dan kolom B klik Merge & Center
B.     Blok kolom A dan kolom B klik Wrap Text
C.     Blok kolom A dan kolom B klik Border
D.    Blok kolom A dan kolom B klik Fill Color
E.     Blok kolom A dan kolom B klik Format as Table

8.          Untuk mengatur agar gerakan tulisan atau gambar Slide pada PowerPoint dapat tampil berbeda sesuai dengan yang diingikan, maka harus mengatur….
A.    Design
B.     Insert
C.     Animations
D.    Transitions
E.     Slide Show

9.          Mengetik dengan mengfungsikan jari-jari sesuai dengan tugasnya masing-masing disebut dengan istilah ….
A.    Mengetik system 10 (sepuluh) jari
B.     Mengetik dengan system buta
C.     Mengetik dengan melihat pada keyboard
D.    Mengetik dengan tanpa melihat pada keyboard
E.     Mengetik yang menggunakan program Typing Master

10.       Langkah-langkah yang harus dilakukan pada cara mencetak file dokumen Word yang benar untuk halaman 21-30, halaman 45, dan halaman 50 adalah ….
A.    Klik File, klik Print, Pilih Printer, Current Page, kemudian klik Print atau ENTER
B.     Klik File, klik Print, Pilih Printer, All Pages, kemudian klik Print atau ENTER
C.     Klik File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-50 kemudian klik Print atau ENTER
D.    Klik File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-30-45-50 kemudian klik Print atau ENTER
E.     Klik File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-30,45,50 kemudian klik Print atau ENTER


11.       Pimpinan ingin pergi ke Medan pada hari Senin, tanggal 16 April 2018 pada pukul 07.00, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel MELATI secara online.
Bagaimanakah cara Pimpinan memesan tiket secara online?
A.    Cari penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat
B.     Pilih penerbangan – cari penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat
C.     Pilih penerbangan – rincian data penumpang - cari penerbangan – pengiriman voucher pesawat - pembayaran – metode pembayaran
D.    Cari penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat – pembayaran
E.     Cari penerbangan – rincian data penumpang – pilih penerbangan – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat - pembayaran

12.       Manajer melakukan perjalanan dinas ke Denpasar selama 5 hari, dari hari Senin, tanggal 9 April sampai tanggal 13 April 2018, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel SINAR EXPRES secara online.

Cara Manajer memesan tiket secara online yaitu:
A.    Cari hotel – pilih hotel – rincian data penumpang –metode hotel – pengiriman voucher – pembayaran
B.     Pilih hotel – cari hotel – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher hotel
C.     Pilih hotel – rincian data hotel - cari hotel – pengiriman hotel - pembayaran – metode pembayaran
D.    Cari hotel – pilih hotel – informasi hotel pilihan - data tamu yang akan menginap – pembayaran metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat – pembayaran
E.     Cari hotel – rincian data hotel – pilih hotel –metode hotel – pengiriman hotel – pembayaran

13.       Anda membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam 07.30 WIB ternyata tertulis jam 09.00. Apa yang harus Anda lakukan?
A.    Menyuruh kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel
B.     Menelpon agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberapa pegawai
C.     Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan
D.    Menelepon kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat yang dipesannya
E.     Melapor ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan meminta maaf atas kesalahan tersebut



14.       Anda membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam 09.30 WIB ternyata tertulis jam 11.00. Apa yang harus Anda lakukan?
A.    Menyuruh kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel
B.     Menelpon agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai
C.     Menelepon kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat yang dipesannya
D.    Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan
E.     Melapor ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan meminta maaf atas kesalahan tersebut

15.        Perhatikan data di bawah ini!
Sumber permasalahan yang muncul ada pada nilai rata-rata Ujian Nasional Andi.
Apakah rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata ujian nasional atas nama Andi!

  

DATA UJIAN NASIONAL
SMKN 1 TAHUN 2017/2018
A.    =AVERAGE(C3:G6)
B.     =AVERAGE(C3:F3)
C.     =AVERAGE(C3:F6)
D.    =AVERAGE(C3:G3)
E.     =AVERAGE(C3:C6)

16.        DATA UJIAN NASIONAL
SMKN 1 TAHUN 2017/2018


A.    =AVERAGE(C6:F6)
B.     =AVERAGE(C6:E6)
C.     =AVERAGE(C6:D6)
D.    =AVERAGE(C3:C6)
E.     =AVERAGE(C3:E3)


Korepondensi

17.       Komunikasi non verbal merupakan teknik dalam berkomunikasi dengan cara ....
A.    Membaca
B.     Menulis
C.     Mendengarkan
D.    Bahasa tubuh
E.     Lambang/gambar

18.        Perhatikan berikut ini langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang di acak!
1.      Siapkan data yang akan dikirim lengkap dengan bagian yang tercetak menghadap ke bawah.
2.      Tekan tombol yes.
3.      Siapkan nomor faksimile yang akan dituju.
4.      Tekan tombol jumlah halaman yang akan diinginkan.
5.      Lakukan pengopian data atau informasi.
6.      Jika muncul tulisan quick, tekan key ped sampai muncul tanda delay keyboard.

Langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang benar adalah ....
A.    1,2,3,4,5,6
B.     1,3,4,2,6,5
C.     1,3,2,4,5,6
D.    1,3,4,5,6,2
E.     1,2,4,5,6,3

19.        Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan  pimpinan,  sementara  beliau  sedang  sibuk  dan  tak  ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa...
A.    Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
B.     Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi?
C.     Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan?
D.    Tinggalkan pesan saja Bapak sedang sibuk
E.     Lain kali saja Bapak telepon lagi

20.       Perbedaan antara bentuk surat lurus penuh (full block style) dan bentuk surat lurus (block style) terletak pada ....
A.    Penempatan tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang di ketik di sebelah kiri
B.     Baris pertama setiap alinea diketik sebelah kiri, kemudian baris berikutnya di ketik menjorok lima spasi sampai pergantian alinea
C.     Penulisan alamat, surat diletakkan sebelah kiri beberapa spasi di bawah perihal, tapi tidak sejajar dengan perihal.
D.    Penulisan alamat tujuan yang bergerigi
E.     Penempatan tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang diketik di sebelah kanan kertas

21.       Perhatikan bagian penutup surat dinas yang diacak!
1. Nama jabatan penanda tangan
2. Tembusan
3. Tanda tangan
4. Nama pejabat beserta NIP jika ada
5. Inisial

Dari data di atas urutkan bagian penutup surat dinas :

A. 1,2,3,5,4
B. 2,4,5,1,3
C. 1,3,4,2,5
D. 2,1,4,5,3
E. 2,1,3,5,4

22.       Alat komunikasi yang di pergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian kebagian lain di sebut ....
A.    Pesawat telepon
B.     Intercom/Aiphone
C.     Handphone
D.    Facsimile
E.     Telex

23.       Hubungan telepon antara kota/antar provinsi di kenal sebagia sambungan telepon ....
A.    Lokal
B.     Internasional
C.     Ganda
D.    Tunggal
E.     Interlokal

24.       Dibawah ini yang tidak termasuk bagian-bagian surat  Keputusan adalah ....
A.    Kop surat
B.     Nama surat dinas
C.     Nomor surat
D.    Salam Pembuka
E.     Kota, Tanggal, Bulan dan Tahun di keluarkan surat dinas

25.       Didalam undangan resmi, kata yang digunakan untuk menyebutkan pihak pengundang adalah ....
A.    Kita
B.     Saudara
C.     Saya
D.    Kami
E.     Anda

26.       Yang tidak termasuk dalam bentuk surat niaga di bawah ini adalah ....
A.    Full Block Style
B.     Surat Tugas
C.     Semi Block Style
D.    Hanging Paragraf
E.     Indented Style

27.       Bentuk surat menurut international style, dengan ciri letak tanggal berada disebelah kanan,  tanda tangan berada di sebelah kanan dan setiap alinea  masuk 5 spasi, adalah ciri bentuk....
A.    Block Style
B.     Full Block Style
C.     Semi Block Style
D.    Indented Style
E.     Office Style

28.       Yang tidak termasuk salam pembuka dalam English correspondence adalah ....
A.    Dear sir,
B.      Sir
C.     Yours sincerely
D.    Dear Mr.,
E.     Gentlemen

29.       Dalam menyusun surat pesanan berdasarkan penawaran dalam bahasa inggris, manakah kalimat yang tepat untuk alinea pembukanya?
A.    Thank you for your offering letter dated April 16th, 2018
B.     I was glad to receive your letter of
C.     We welcome your enquiry of
D.    We very much regret to learn from your letter of
E.     We were sorry to learn from your letter of

30.       Salam penutup yang biasa di pakai pada waktu pertama kali mengirim surat kepada seseorang / perusahaan yang baru di kenal dan sebelumnya belum pernah dilakukan hubungan surat menyurat dengan orang/perusahaan tersebut ....
A.    Yours Sincerely
B.     Yours Faithfully
C.     Best Regards
D.    Best Wishes
E.     Yours truly

31.       Surat yang dikirimkan oleh calan pembeli kepada penjual dengan maksud meminta keterangan mengenai suatu barang/jasa yang diinginkan  adalah jenis surat ....
A.    Promosi penjualan
B.     Permintaan penawaran
C.     Penawaran
D.    Pesanan
E.     Pengaduan

32.       Surat yang dikeluarkan apabila produk atau barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan di sertai dengan tuntutan dan penyelesaian adalah ....
A.    Surat konfirmasi pesanan
B.     Surat penolakan pesanan
C.     Surat pengaduan
D.    Surat penagihan
E.     Surat pesanan
 
33.        Di bawah ini adalah pokok-pokok isi dari surat pesanan adalah kecuali .... 
A.    Menyebutkan dengan jelas nama/jenis barang
B.     Kesanggupan membayar dengan tunai atau kredit
C.     Cara pembayaran dan pengiriman barang yang dikehendaki
D.    Meminta data keterangan barang (Brosur)
E.     Waktu yang dikehendaki dalam pengiriman barang

34.       Perhatikan kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.

Kepada Direktur PT Sumber Rejeki
Jalan Cempaka No.276
Surabaya

Analisalah kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!
A.    Kata “Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan kata “Direktur”, penulisan nama kota huruf kecil semua
B.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya
C.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya
D.    Kata “Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya
E.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth:”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya

35.       Perhatikan kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.

Yth. Direktur PT Semoga Jaya
Jalan Gunung Sahari No.69
Samarinda

Analisalah kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!
A.    Kata “Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan
B.     Kata “Direktur”, penulisan nama kota huruf kecil semua
C.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya
D.    Kata “Yth” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya
E.     Kata “Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya

  36.    Perhatikan pengetikan alamat dalam Bentuk Surat Niaga di bawah ini ....

                        Kepada
                        PT. WIDYA PRIMA
                                    Jalan Westu Kencana No. 130
                                                JAKARTA PUSAT

Pengetikan alamat dalam surat tersebut di gunakan pada saat mengetik surat dalam  bentuk ....
A.    Full Block Style
B.     Block Style
C.     Semi Block Style
D.    Indenteed style
E.     Depdikbud


Kearsipan

37.       Arsip yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses penyelenggaraan administrasi suatu organisasi dinamakan ….
A.    Arsip Dinamis
B.     Arsip Statis
C.     Arsip Primer
D.    Arsip Sekunder
E.     Arsip Penting

38.       Peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk menyimpan suatu dokumen yang banyak adalah ….
A.    Stop Map
B.     Map Snelhecter
C.     Ordner
D.    Map Spring File
E.     Map Gantung

39.       Alat yang digunakan untuk memberi batas dan petunjuk dalam penyimpanan arsip adalah ….
A.    Tab
B.     Guide
C.     Folder
D.    folder tak bergantung
E.     Kartu nama

40.       Arsip yang berisikan bukti-bukti yang mempunyai kekuatan hukum atas hak dan kewajiban negara serta pemerintah adalah arsip yang mempunyai nilai ….
A.    Nilai Guna Administrasi
B.     Nilai Guna Hukum
C.     Nilai Guna Keuangan
D.    Nilai Guna Ilmiah dan Teknologi
E.     Nilai Guna Histori

41.       Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan cocok menggunakan sistem penyimpanan berdasarkan ....
A.    Alphabet system
B.     Numerical system
C.     Subyek system
D.    Cronological system
E.     Geographical system

42.       Apabila suatu perusahaan masih relative kecil maka filing system dalam penyimpanan arsip yang paling tepat adalah….
A.    Alphabet system
B.     Numerical system
C.     Subyek system
D.    Cronological system
E.     Geographical system

43.       Pak Supardi pegawai Personalia di PT SUMBER REJEKI mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip surat tagihan PT BAJA MAS tanggal 10 April 2018, tetapi surat tersebut tidak ditemukan.
Maka langkah apa yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak terjadi lagi.
A.    Setiap peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
B.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip
C.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
D.    Setiap peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
E.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

44.       Ibu Widayati pegawai Pemasaran di PT LESTARI ABADI mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip surat tagihan PT JAYA ABADI tanggal 16 April 2018, tetapi surat tersebut tidak ditemukan.
Maka langkah apa yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak terjadi lagi.
A.    Setiap peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
B.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
C.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip
D.    Setiap peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
E.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

45.       Buku yang digunakan untuk mencatat suatu surat keluar dan surat masuk disebut ….
A.    Buku Klaper
B.     Buku Agenda
C.     Buku Ekspedisi
D.    Buku Induk
E.     Disposisi

46.       Setelah surat masuk dari suatu perusahaan dicatat dalam buku agenda surat masuk, langkah berikutnya adalah meneruskan surat kepada yang bersangkutan untuk diproses atau ditindaklanjuti dengan menggunakan ….
A.    Daftar Klasifikasi
B.     Buku Agenda
C.     Buku Ekspedisi
D.    Daftar Indek
E.     Disposisi

47.       Dibawah ini merupakan hal yang harus diperhatikan bagaimana cara mencegah rusaknya arsip, kecuali ….
A.    Ruangan
B.     Peralatan
C.     Penggandaan dokumen
D.    Penggunaan pembasmi serangga
E.     Penggunaan bahan arsip bermutu tinggi

48.       Dalam melakukan tata cara penyusutan, agar pemusnahan arsip dapat dilakukan dengan tepat antara surat; penting, rahasia, dan biasa harus dilakukan jadwal ….
A.    Retensi
B.     Urgensi
C.     Potensi
D.    Kompetensi
E.     Lisensi

49.       Untuk mengetahui kelayakan arsip untuk disimpan atau tidak dipertahankan, dapat dilihat dari ….
A.      Angka Pemakaian Arsip
B.       Angka kecermatan Arsip
C.       Jadwal Retensi Arsip
D.      Daftar Pertelaan Arsip
E.       Penyusutan Arsip

50.       Untuk menemukan arsip dokumen terbaru pada suatu Drive secara cepat dan tepat dalam penyimpanan sistem komputerisasi dengan menggunakan pencarian ….
A.    Length
B.     Date
C.     Size
D.    Type
E.     Name

1 comment: