Otomatisasi Perkantoran
1. Alat
atau perangkat yang dapat menampilkan gambar/ikon aplikasi pada sebuah computer
dinamakan ….
A.
Keyboard
B.
Monitor
C.
Mouse
D.
Personal
Cumputer (PC)
E.
Hardisc
2. Untuk
mengatur posisi lembar kerja secara Portrait
atau Landscape, langkah-langkah yang
harus dilakukan adalah ….
A.
Page Layout,
Columns, Portrait atau Landscape sesuai dengan yang diinginkan
B.
Page Layout,
Orientation, Custom Margin, atur pinggir kertas yang diinginkan
C.
Page Layout,
Size, Portrait
atau Landscape sesuai dengan yang
diinginkan
D.
Page Layout,
Margin, Portrait
atau Landscape sesuai dengan yang
diinginkan
E.
Page Layout,
Orientation, Portrait
atau Landscape sesuai dengan yang
diinginkan
3. Agar
suatu ketikan dapat tercetak MIRING, maka format teks yang harus
dilakukan adalah ….
A.
Blok
teks pilih Underline
B.
Blok
teks pilih Bold
C.
Blok teks pilih Italic
D.
Blok
teks pilih Font
E.
Blok
teks pilih Font Size
4. Untuk
menghasilkan suatu ketikan yang pada setiap kata diawali dengan huruf Besar,
maka harusn dilakukan dengan cara ….
A.
Blok
teks kalimat pilih Sentence case
B.
Blok
teks kalimat pilih lowercase
C.
Blok
teks kalimat pilih UPPERCASE
D.
Blok
teks kalimat pilih Capitalize Each
Word
E.
Blok
teks kalimat pilih tOGGLE cASE
5. Perhatikan berikut ini,
langkah-langkah menggunakan teleconference yang diacak!
1. Pilih software Microsoft Visual C# 2005
2. Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan
memilih IP yang terdapat pada komputer.
3. User harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6)
dengan memilih radio button
4. Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi,
akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP
dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi
5. Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada di kanan
bawah.
Langkah-langkah menggunakan
teleconference yang benar adalah ....
A. 1,2,3,4,5
B.
1,3,2,5,4
C. 1,2,3,5,4
D. 1,2,5,4,3
E.
1,5,4,3,2
6.
Perhatikan
uraian di bawah ini,
1.
Tekan tombol seleksi saluran yang dimaksud
2.
Tekan tombol pemanggil yaitu tombol “C”
sehingga terdengar nada panggil tuut-tuut
3.
Angkat
gagang telepon
4.
Lakukan pembicaraan
Langkah-langkah menggunakan
Intercom y yang benar adalah ....
A.
1,2,3,4
B.
3,1,2,4
C.
2,3,1,4
D.
2,3,1,4
E.
3,2,1,4
7. Agar
ketikan teks table yang ada pada kolom A dan kolom B dapat bergabung menjadi satu kolom, maka
langkah yang harus dilakukan adalah ….
A.
Blok
kolom A dan kolom B klik Merge &
Center
B.
Blok
kolom A dan kolom B klik Wrap Text
C.
Blok
kolom A dan kolom B klik Border
D.
Blok
kolom A dan kolom B klik Fill Color
E.
Blok
kolom A dan kolom B klik Format as Table
8. Untuk
mengatur agar gerakan tulisan atau gambar Slide pada PowerPoint dapat tampil
berbeda sesuai dengan yang diingikan, maka harus mengatur….
A.
Design
B.
Insert
C.
Animations
D.
Transitions
E.
Slide Show
9. Mengetik
dengan mengfungsikan jari-jari sesuai dengan tugasnya masing-masing disebut
dengan istilah ….
A.
Mengetik
system 10 (sepuluh) jari
B.
Mengetik
dengan system buta
C.
Mengetik
dengan melihat pada keyboard
D.
Mengetik
dengan tanpa melihat pada keyboard
E.
Mengetik
yang menggunakan program Typing Master
10. Langkah-langkah
yang harus dilakukan pada cara mencetak file dokumen Word yang benar untuk
halaman 21-30, halaman 45, dan halaman 50 adalah ….
A.
Klik
File, klik Print, Pilih Printer, Current Page, kemudian klik Print atau ENTER
B.
Klik
File, klik Print, Pilih Printer, All Pages, kemudian klik Print atau ENTER
C.
Klik
File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-50 kemudian klik Print
atau ENTER
D.
Klik
File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-30-45-50 kemudian klik
Print atau ENTER
E.
Klik
File, klik Print, Pilih Printer, ketik Nomor Halaman 21-30,45,50 kemudian klik
Print atau ENTER
11. Pimpinan ingin pergi ke Medan pada hari Senin, tanggal 16 April 2018 pada
pukul 07.00, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel MELATI
secara online.
Bagaimanakah
cara Pimpinan memesan tiket secara online?
A. Cari penerbangan – pilih penerbangan – rincian data
penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat
B. Pilih
penerbangan – cari penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode
pembayaran – pengiriman voucher pesawat
C. Pilih
penerbangan – rincian data penumpang - cari penerbangan – pengiriman voucher
pesawat - pembayaran – metode pembayaran
D. Cari
penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang – metode pembayaran –
pengiriman voucher pesawat – pembayaran
E.
Cari
penerbangan – rincian data penumpang – pilih penerbangan – metode pembayaran –
pengiriman voucher pesawat - pembayaran
12. Manajer melakukan perjalanan dinas ke Denpasar selama 5 hari, dari hari Senin, tanggal 9 April sampai tanggal 13 April 2018, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin
memesan melalui travel SINAR EXPRES secara online.
Cara Manajer memesan tiket secara online yaitu:
A. Cari
hotel – pilih hotel – rincian data penumpang –metode hotel – pengiriman voucher
– pembayaran
B. Pilih
hotel – cari hotel – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran –
pengiriman voucher hotel
C. Pilih
hotel – rincian data hotel - cari hotel – pengiriman hotel - pembayaran –
metode pembayaran
D. Cari hotel – pilih hotel – informasi hotel pilihan -
data tamu yang akan menginap – pembayaran metode pembayaran – pengiriman
voucher pesawat – pembayaran
E. Cari
hotel – rincian data hotel – pilih hotel –metode hotel – pengiriman hotel –
pembayaran
13. Anda membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket
itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya
jam 07.30 WIB ternyata tertulis jam 09.00. Apa yang harus Anda lakukan?
A. Menyuruh
kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel
B. Menelpon
agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang
salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberapa pegawai
C. Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki
tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut
sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan
D. Menelepon
kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat
yang dipesannya
E.
Melapor
ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan
meminta maaf atas kesalahan tersebut
14. Anda membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket
itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya
jam 09.30 WIB ternyata tertulis jam 11.00. Apa yang harus Anda lakukan?
A.
Menyuruh
kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel
B.
Menelpon
agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang
salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai
C.
Menelepon
kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat
yang dipesannya
D.
Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki
tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut
sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan
E.
Melapor
ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan
meminta maaf atas kesalahan tersebut
15.
Perhatikan
data di bawah ini!
Sumber
permasalahan yang muncul ada pada nilai rata-rata Ujian Nasional Andi.
Apakah
rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata ujian nasional atas nama
Andi!
DATA UJIAN NASIONAL
SMKN 1 TAHUN 2017/2018
A. =AVERAGE(C3:G6)
B.
=AVERAGE(C3:F3)
C. =AVERAGE(C3:F6)
D. =AVERAGE(C3:G3)
E. =AVERAGE(C3:C6)
16.
DATA
UJIAN NASIONAL
SMKN 1 TAHUN 2017/2018
A. =AVERAGE(C6:F6)
B.
=AVERAGE(C6:E6)
C. =AVERAGE(C6:D6)
D. =AVERAGE(C3:C6)
E. =AVERAGE(C3:E3)
Korepondensi
17. Komunikasi non verbal merupakan teknik dalam berkomunikasi dengan cara ....
A. Membaca
B. Menulis
C. Mendengarkan
D. Bahasa tubuh
E. Lambang/gambar
18.
Perhatikan berikut ini langkah-langkah
mengirim surat dengan faksimile yang di acak!
1. Siapkan data yang akan dikirim lengkap dengan bagian yang tercetak
menghadap ke bawah.
2. Tekan tombol yes.
3. Siapkan nomor faksimile yang akan dituju.
4. Tekan tombol jumlah halaman yang akan diinginkan.
5. Lakukan pengopian data atau informasi.
6. Jika muncul tulisan quick, tekan key ped sampai muncul tanda
delay keyboard.
Langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang benar adalah ....
A. 1,2,3,4,5,6
B.
1,3,4,2,6,5
C. 1,3,2,4,5,6
D. 1,3,4,5,6,2
E.
1,2,4,5,6,3
19.
Saat anda menerima telepon
masuk dan penelepon
ingin berbicara dengan pimpinan,
sementara
beliau
sedang
sibuk
dan
tak
ingin
diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon
tidak kecewa...
A. Bapak
sedang sibuk tidak bisa diganggu!
B. Maaf
bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi?
C. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin
disampaikan?
D. Tinggalkan
pesan saja Bapak sedang sibuk
E. Lain
kali saja Bapak telepon lagi
20. Perbedaan
antara bentuk surat lurus penuh (full block style) dan bentuk surat lurus (block
style) terletak pada ....
A.
Penempatan
tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan
jabatan penanda tangan yang di ketik di sebelah kiri
B.
Baris
pertama setiap alinea diketik sebelah kiri, kemudian baris berikutnya di ketik
menjorok lima spasi sampai pergantian alinea
C.
Penulisan
alamat, surat diletakkan sebelah kiri beberapa spasi di bawah perihal, tapi
tidak sejajar dengan perihal.
D.
Penulisan
alamat tujuan yang bergerigi
E.
Penempatan tanggal, salam penutup, nama
organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang
diketik di sebelah kanan kertas
21. Perhatikan bagian penutup surat dinas
yang diacak!
1. Nama jabatan penanda tangan
2. Tembusan
3. Tanda tangan
4. Nama pejabat beserta NIP jika ada
5. Inisial
Dari data di atas urutkan bagian penutup surat dinas :
A. 1,2,3,5,4
B. 2,4,5,1,3
C. 1,3,4,2,5
D. 2,1,4,5,3
E. 2,1,3,5,4
22.
Alat
komunikasi yang di pergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam
lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian kebagian lain di sebut ....
A.
Pesawat
telepon
B.
Intercom/Aiphone
C.
Handphone
D.
Facsimile
E.
Telex
23. Hubungan telepon
antara kota/antar provinsi di kenal sebagia sambungan telepon ....
A.
Lokal
B.
Internasional
C.
Ganda
D.
Tunggal
E.
Interlokal
24.
Dibawah ini yang
tidak termasuk bagian-bagian surat
Keputusan adalah ....
A.
Kop surat
B.
Nama surat dinas
C.
Nomor surat
D.
Salam Pembuka
E.
Kota, Tanggal,
Bulan dan Tahun di keluarkan surat dinas
25. Didalam undangan
resmi, kata yang digunakan untuk menyebutkan pihak pengundang adalah ....
A.
Kita
B.
Saudara
C.
Saya
D.
Kami
E.
Anda
26. Yang tidak termasuk
dalam bentuk surat niaga di bawah ini adalah ....
A.
Full Block Style
B.
Surat Tugas
C.
Semi Block Style
D.
Hanging Paragraf
E.
Indented Style
27. Bentuk surat
menurut international style, dengan ciri letak tanggal berada disebelah
kanan, tanda tangan berada di sebelah
kanan dan setiap alinea masuk 5 spasi,
adalah ciri bentuk....
A.
Block Style
B.
Full Block Style
C.
Semi Block Style
D.
Indented Style
E.
Office Style
28. Yang tidak termasuk
salam
pembuka dalam English correspondence
adalah ....
A.
Dear sir,
B.
Sir
C.
Yours sincerely
D.
Dear Mr.,
E.
Gentlemen
29. Dalam
menyusun surat pesanan berdasarkan penawaran dalam bahasa inggris, manakah
kalimat yang tepat untuk alinea pembukanya?
A.
Thank you for
your offering letter dated April 16th, 2018
B.
I was glad to receive your letter of
C.
We welcome your enquiry of
D.
We very much regret to learn
from your letter of
E.
We were sorry to learn from your letter of
30. Salam penutup
yang biasa di pakai pada waktu pertama kali mengirim surat kepada seseorang
/ perusahaan yang baru di kenal dan sebelumnya belum pernah dilakukan hubungan
surat menyurat dengan orang/perusahaan tersebut ....
A.
Yours Sincerely
B.
Yours Faithfully
C.
Best
Regards
D.
Best Wishes
E.
Yours
truly
31. Surat yang
dikirimkan oleh calan pembeli kepada penjual dengan maksud meminta keterangan
mengenai suatu barang/jasa yang diinginkan
adalah jenis surat ....
A.
Promosi penjualan
B.
Permintaan
penawaran
C.
Penawaran
D.
Pesanan
E.
Pengaduan
32. Surat yang
dikeluarkan apabila produk atau barang yang diterima tidak sesuai dengan
pesanan di sertai dengan tuntutan dan penyelesaian adalah ....
A.
Surat konfirmasi
pesanan
B.
Surat penolakan
pesanan
C.
Surat pengaduan
D.
Surat penagihan
E.
Surat pesanan
33.
Di bawah ini adalah
pokok-pokok isi dari surat pesanan adalah kecuali ....
A.
Menyebutkan dengan
jelas nama/jenis barang
B.
Kesanggupan
membayar dengan tunai atau kredit
C.
Cara pembayaran dan
pengiriman barang yang dikehendaki
D.
Meminta data
keterangan barang (Brosur)
E.
Waktu yang
dikehendaki dalam pengiriman barang
34.
Perhatikan
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.
Kepada Direktur PT Sumber Rejeki
Jalan Cempaka No.276
Surabaya
Analisalah
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!
A. Kata
“Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan kata “Direktur”,
penulisan nama kota huruf kecil semua
B. Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur”
merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama
kota diawali huruf besar semuanya
C. Kata
“Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya
D. Kata
“Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya
E.
Kata
“Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth:”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya
35. Perhatikan
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.
Yth.
Direktur PT Semoga Jaya
Jalan Gunung Sahari No.69
Samarinda
Analisalah
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!
A.
Kata “Kepada” tidak diperlukan, tidak
ada kata “Yth.” di depan
B.
Kata “Direktur”, penulisan nama kota
huruf kecil semua
C. Kata
“Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya
D. Kata “Yth” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan
nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota diawali
huruf besar semuanya
E.
Kata
“Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya
36. Perhatikan
pengetikan alamat dalam Bentuk Surat Niaga di bawah ini ....
Kepada
PT.
WIDYA PRIMA
Jalan Westu Kencana No. 130
JAKARTA PUSAT
Pengetikan alamat dalam surat tersebut di gunakan pada saat mengetik surat
dalam bentuk ....
A.
Full Block Style
B.
Block Style
C.
Semi Block Style
D.
Indenteed style
E.
Depdikbud
Kearsipan
37. Arsip
yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses penyelenggaraan administrasi
suatu organisasi dinamakan ….
A.
Arsip
Dinamis
B.
Arsip
Statis
C.
Arsip
Primer
D.
Arsip
Sekunder
E.
Arsip
Penting
38. Peralatan
atau perlengkapan yang digunakan untuk menyimpan suatu dokumen yang banyak
adalah ….
A.
Stop
Map
B.
Map
Snelhecter
C.
Ordner
D.
Map
Spring File
E.
Map
Gantung
39. Alat
yang digunakan untuk memberi batas dan petunjuk dalam penyimpanan arsip adalah
….
A.
Tab
B.
Guide
C.
Folder
D.
folder
tak bergantung
E.
Kartu
nama
40. Arsip
yang berisikan bukti-bukti yang mempunyai kekuatan hukum atas hak dan kewajiban
negara serta pemerintah adalah arsip yang mempunyai nilai ….
A.
Nilai
Guna Administrasi
B.
Nilai
Guna Hukum
C.
Nilai
Guna Keuangan
D.
Nilai
Guna Ilmiah dan Teknologi
E.
Nilai
Guna Histori
41. Perusahaan
yang bergerak dalam bidang jasa perbankan cocok menggunakan sistem penyimpanan
berdasarkan ....
A. Alphabet
system
B. Numerical
system
C. Subyek
system
D.
Cronological system
E.
Geographical
system
42. Apabila
suatu perusahaan masih relative kecil maka filing system dalam penyimpanan
arsip yang paling tepat adalah….
A. Alphabet
system
B. Numerical
system
C. Subyek
system
D.
Cronological
system
E.
Geographical system
43. Pak Supardi pegawai Personalia di PT SUMBER REJEKI mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip
surat tagihan PT BAJA MAS tanggal 10 April 2018, tetapi surat tersebut tidak
ditemukan.
Maka langkah apa
yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip
tidak terjadi lagi.
A. Setiap
peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
B. Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam
arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip
C. Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
D. Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
E. Setiap
peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
44. Ibu Widayati pegawai Pemasaran di PT LESTARI ABADI mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip
surat tagihan PT JAYA ABADI tanggal 16 April 2018, tetapi surat tersebut tidak
ditemukan.
Maka langkah apa yang
harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak
terjadi lagi.
A.
Setiap peminjaman arsip harus lapor ke
petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang
meminjam arsip
B. Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
C. Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam
arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip
D. Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
E.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip
45. Buku
yang digunakan untuk mencatat suatu surat keluar dan surat masuk disebut ….
A.
Buku
Klaper
B.
Buku
Agenda
C.
Buku
Ekspedisi
D.
Buku
Induk
E.
Disposisi
46. Setelah
surat masuk dari suatu perusahaan dicatat dalam buku agenda surat masuk,
langkah berikutnya adalah meneruskan surat kepada yang bersangkutan untuk
diproses atau ditindaklanjuti dengan menggunakan ….
A.
Daftar
Klasifikasi
B.
Buku
Agenda
C.
Buku
Ekspedisi
D.
Daftar
Indek
E.
Disposisi
47. Dibawah
ini merupakan hal yang harus diperhatikan bagaimana cara mencegah rusaknya
arsip, kecuali ….
A.
Ruangan
B.
Peralatan
C.
Penggandaan
dokumen
D.
Penggunaan
pembasmi serangga
E.
Penggunaan
bahan arsip bermutu tinggi
48.
Dalam
melakukan tata cara penyusutan, agar pemusnahan arsip dapat dilakukan dengan
tepat antara surat; penting, rahasia, dan biasa harus dilakukan jadwal ….
A.
Retensi
B.
Urgensi
C.
Potensi
D.
Kompetensi
E.
Lisensi
49. Untuk
mengetahui kelayakan arsip untuk disimpan atau tidak dipertahankan, dapat
dilihat dari ….
A.
Angka
Pemakaian Arsip
B.
Angka
kecermatan Arsip
C.
Jadwal
Retensi Arsip
D.
Daftar
Pertelaan Arsip
E.
Penyusutan
Arsip
50. Untuk
menemukan arsip dokumen terbaru pada suatu Drive secara cepat dan tepat dalam
penyimpanan sistem komputerisasi dengan menggunakan pencarian ….
A.
Length
B.
Date
C.
Size
D.
Type
E.
Name
Jawabannya yang mana ka
ReplyDelete