Mata
Pelajaran : Otomatisasi Perkantoran
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi peralatan kantor yang digunakan
untuk kegiatan kantor
|
Mesin yang digunakan untuk mengolah bahan keterangan secara
modern pada suatu kantor dinamakan………
A.
Mesin Stensil
B.
Mesin Offset
C.
Komputer
D.
Mesin Fotocopi
E.
Teleprinter
|
C
|
2
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menerangkan langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata
|
Untuk mengatur ukuran atau jenis kertas, langkah-langkah yang
harus dilakukan adalah…….
A.
Page Layout, Size, pilih ukuran
kertas yang diinginkan
B.
Page Layout, Orientation, pilih
ukuran kertas yang diinginkan
C.
Page Layout, Margin, pilih ukuran
kertas yang diinginkan
D.
Insert, Size, pilih ukuran kertas
yang diinginkan
E.
Home, Size, pilih ukuran kertas yang
diinginkan
|
A
|
3
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan
cara memformat teks
|
Agar suatu ketikan dapat tercetak miring, maka format teks yang harus dilakukan adalah…….
A.
Blok teks pilih Underline
B.
Blok teks pilih Bold
C.
Blok teks pilih Font Size
D.
Blok teks pilih Font
E.
Blok teks pilih Italic
|
E
|
4
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan
cara pemanfaatan internet untuk kegiatan rapat (teleconference)
|
Untuk melakukan suatu kegiatan rapat dari berbagai tempat yang
terpisah melalui jaringan internet disebut…….
A.
Telephone
B.
Telescope
C.
Daring (Dalam Jaringan)
D.
Teleconference
E.
Telecommunication
|
D
|
5
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menjelaskan aplikasi pengolah angka
|
Untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang berupa teks dan angka
seperti pengerjaan kas kecil menggunakan aplikasi …..
A.
Ms Office Publisher
B.
Ms Office Access
C.
Ms Office PowerPoint
D.
Ms Office Word
E.
Ms Office Excel
|
E
|
6
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mendeskripsikan cara memformat penampilan slide
|
Untuk mengatur agar gerakan tampilan setiap Slide pada
PowerPoint dapat tampil berbeda sesuai dengan yang diingikan, maka harus
mengatur……….
A.
Design
B.
Transitions
C.
Animations
D.
Slide Show
E.
Insert
|
B
|
7
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan
teknik mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat
|
Yang dimaksud dengan mengetik system 10 (sepuluh) yaitu…………
A.
Mengetik dengan melihat pada
keyboard
B.
Mengetik dengan tanpa melihat pada
keyboard
C.
Mengetik dengan system buta
D.
Mengetik dengan mengfungsikan
jari-jari sesuai denghan tugasnya masing-masing
E.
Mengetik yang menggunakan program
Typing Master
|
D
|
8
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menentukan
cara mencetak file dokumen
|
Langkah-langkah yang harus dilakukan pada cara mencetak file
dokumen Word yang benar adalah ……….
A.
Klik File,
klik Print, klik Print
B.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, klik Print atau ENTER
C.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, ketik Nomor Halaman, klik Print atau ENTER
D.
CTRL+P, klik Print, Pilih Printer,
klik Print atau ENTER
E.
CTRL+P, klik Print, klik Print
|
C
|
9
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
memilih pengoperasian pemesanan / pembelian on-line (tiket, hotel, buku, majalah, dll)
|
Dalam melakukan transaksi pemesanan/pembelian suatu produk
secara online, hal yang paling utama yaitu harus tersedia……….
A.
Kartu ATM
B.
Akses Internet
C.
Buku Tabungan
D.
Handphone
E.
Blog
|
B
|
10
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menelaah aplikasi pengolah angka untuk
menghasilkan data pembuatan format table
|
Untuk membuat suatu data pada aplikasi ms office excel yang
menampilkan Nama Mata Uang adalah …….
A.
General
B.
Number
C.
Currency
D.
Accounting
E.
Percentage
|
D
|
Mata Pelajaran : Korepondensi
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
11
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan Konsep Komunikasi
|
Komunikasi
verbal adalah……..
A.
Komunikasi yang
dilakukan secara tertulis dan lisan
B.
Komunikasi yang
dilakukan dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh
C.
Komunikasi yang
dilakukan dengan menggunakan media visual
D.
Komuniaksi yang
dilakukan dengan menggunakan media audio
E.
Komunikasi yang
di lakukan dengan menggunakan intercom
|
A
|
12
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menerangkan Tata laksana Prosedur Pembuatan Lay Out
Surat
|
Bentuk surat yang pengetikan bagian-bagian
suratnya lurus di bagian sebelah kiri kertas, kecuali kop surat nya bisa di
ketik secara sentering horisontal di sebut bentuk surat……..
A.
Full Block Style
B.
Block Style
C.
Semi Block Style
D.
Hanging Paragraf
E.
Indented Style
|
A
|
13
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi Peralatan/ Mesin Komunikasi
|
Alat
komunikasi yang di pergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan
organisasi sendiri, dari suatu bagian kebagian lain di sebut……..
A.
Pesawat telepon
B.
Intercom/Aiphone
C.
Handphone
D.
Facsimile
E.
Telex
|
B
|
14
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi Prosedur pembuatan surat dinas
|
Dibawah ini yang tidak termasuk bagian-bagian
surat dinas jenis surat Keputusan adalah………
A.
Kop surat
B.
Nama surat dinas
C.
Nomor surat
D.
Salam Pembuka
E.
Kota, Tanggal, Bulan dan Tahun di keluarkan surat dinas
|
D
|
15
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menunjukkan bentuk-bentuk surat menurut international style
|
Yang tidak termasuk dalam bentuk surat niaga di
bawah ini adalah………
A.
Full Block Style
B.
Surat Edaran
C.
Semi Block Style
D.
Hanging Paragraf
E.
Indented Style
|
B
|
16
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan cara membuat surat Bahasa Inggris (English Corrsespondence)
|
Contoh
salam pembuka dalam English correspondence adalah, kecuali………..
A.
Dear sir,
B.
Sir
C.
Yours sincerely
D.
Dear Mr.,
E.
Gentlemen
|
C
|
17
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan Prosedur pembuatan surat niaga, dalam bahasa
Indonesia
|
Surat yang dikirimkan oleh calon pembeli kepada penjual dengan maksud meminta
keterangan mengenai suatu barang/jasa yang diinginkan adalah jenis surat……….
A.
Promosi penjualan
B.
Permintaan penawaran
C.
Penawaran
D.
Pesanan
E.
Pengaduan
|
B
|
18
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menentukan tata laksana prosedur pembuatan isi surat
|
Di bawah ini adalah pokok-pokok isi dari surat
pesanan adalah kecuali……….
A.
Menyebutkan dengan jelas nama/jenis barang
B.
Kesanggupan membayar dengan tunai atau kredit
C.
Cara pembayaran dan pengiriman barang yang dikehendaki
D.
Meminta data keterangan barang (Brosur)
E.
Waktu yang dikehendaki dalam pengiriman barang
|
D
|
19
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu memilih surat dinas yang sesuai dengan keperluannya
|
Surat yang di keluarkan oleh pihak atau instansi
yang lebih tinggi ditujukan kepada pihak bawahan, agar bawahan tersebut
melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan tertentu di sebut . . . . . .
A.
Surat Undangan Dinas
B.
Surat Edaran
C.
Surat Tugas
D.
Surat Kuasa
E.
Surat Keterangan
|
C
|
20
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merancang pembuatan alamat dalam surat dinas
|
Perhatikan pengetikan alamat dalam Bentuk Surat Dinas di bawah ini…......
Pengetikan alamat dalam surat tersebut di
gunakan pada saat mengetik surat dalam
bentuk……
a.
Full Block Style
b.
Block Style
c.
Semi Block Style
d.
Official Old
e.
Official New
|
E
|
Mata Pelajaran : Kearsipan
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
21
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi fungsi
arsip
|
Arsip yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses
penyelenggaraan administrasi suatu organisasi dinamakan………
A.
Arsip Dinamis
B.
Arsip Statis
C.
Arsip Primer
D.
Arsip Sekunder
E.
Arsip Penting
|
A
|
22
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi alat
dan bahan kearsipan
|
Peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk menyimpan suatu
dokumen yang banyak adalah…….
A.
Stop Map
B.
Map Snelhecter
C.
Ordner
D.
Map Spring File
E.
Map Gantung
|
C
|
23
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan nilai yang terkandung
dalam kearsipan
|
Arsip yang berisikan bukti-bukti yang mempunyai kekuatan hukum
atas hak dan kewajiban negara serta pemerintah adalah arsip yang mempunyai
nilai…….
A.
Nilai Guna Administrasi
B.
Nilai Guna Hukum
C.
Nilai Guna Keuangan
D.
Nilai Guna Ilmiah dan Teknologi
E.
Nilai Guna Histori
|
B
|
24
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menunjukkan sistem penyimpanan arsip
|
Sistem penyimpanan arsip dokumen yang paling tepat digunakan
oleh suatu lembaga dengan memberikan kode pos seperti 77132 adalah…….
A.
Sistem Abjad
B.
Sistem Tanggal
C.
Sistem Pokok Masalah
D.
Sistem Wilayah
E.
Sistem Nomor
|
D
|
25
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merinci prosedur peminjaman arsip
|
Lembar bukti yang digunakan dalam peminjaman suatu arsip dokumen
dinamakan….…..
A.
Kartu Indek
B.
Kartu Katalog
C.
Filing Cabinet
D.
Daftar Klasifikasi
E.
Out Slip
|
E
|
26
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pengurusan surat masuk, surat keluar (SM/SK)
|
Buku yang digunakan untuk mencatat suatu surat keluar dan surat
masuk disebut……….
A.
Buku Klaper
B.
Buku Agenda
C.
Buku Ekspedisi
D.
Buku Induk
E.
Disposisi
|
B
|
27
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pengurusan surat masuk, surat keluar (SM/SK)
dengan pola baru
|
Setelah surat masuk dari suatu perusahaan dicatat dalam buku
agenda surat masuk, langkah berikutnya adalah meneruskan surat kepada yang
bersangkutan untuk diproses atau ditindaklanjuti dengan menggunakan…………
A.
Daftar Klasifikasi
B.
Buku Agenda
C.
Buku Ekspedisi
D.
Daftar Indek
E.
Disposisi
|
E
|
28
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pemeliharaan dan perawatan arsip
|
Dibawah ini merupakan hal yang harus diperhatikan bagaimana cara
mencegah rusaknya arsip, kecuali……….
A.
Ruangan
B.
Peralatan
C.
Penggandaan dokumen
D.
Penggunaan pembasmi serangga
E.
Penggunaan bahan arsip bermutu
tinggi
|
C
|
29
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengurutkan tata cara penyusutan arsip
|
Dalam melakukan tata cara penyusutan, agar pemusnahan arsip
dapat dilakukan dengan tepat antara surat; penting, rahasia, dan biasa harus
dilakukan jadwal……….
A.
Retensi
B.
Urgensi
C.
Potensi
D.
Kompetensi
E.
Lisensi
|
A
|
30
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merancang cara kerja komputerisasi kearsipan/arsip elektronik
(indo fle, management record)
|
Untuk menemukan arsip dokumen terbaru pada suatu Drive secara
cepat dan tepat dalam penyimpanan sistem komputerisasi dengan menggunakan
pencarian…….
A.
Length
B.
Date
C.
Size
D.
Type
E.
Name
|
B
|
Mata Pelajaran : Pemanfaatan
Perangkat Lunak
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
31
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu mengidentifikasi pemanfaatan perangkat lunak
pengolah kata
|
Untuk menyimpan
dokumen, biasanya dibuat lubang di sisi
kiri atau di
bagian atas dokumen tersebut dengan menggunakan alat yang disebut perforator.Jika tidak dicermati, lubang yang
dibuat akan menembus Font dokumen. Untuk
mengantisipasi, gunakan fitur Gutter yang terdapat pada
A.
PAGE LAYOUT, Custom Margins, Margins, Gutter.
B.
PAGE LAYOUT, Margins, Custom Margins, Gutter.
C.
PAGE LAYOUT, Gutter, Margins, Custom Margins
D.
PAGE LAYOUT, Custom Margins, Margins, Gutter.
E.
PAGE LAYOUT, Custom, Custom Margins, Gutter.
|
B
|
32
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu mendeskripsikan pengertian komunikasi daring (online)
|
Komunikasi dengan penyampaian pikiran atau gagasan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan melalui dunia maya
A.
Komunikasi daring
B.
Komunikasi Verbal
C.
Komunikasi singkron
D.
Komunikasi Ansingkron
E.
Komunisi Formal
|
A
|
33
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu mendeskripsikan pemformatan dokumen/ buku
digital
|
Untuk Memasukan Gambar kedalam format buku
digital pada program Format ePub
dapat dilakukan dengan cara:
A.
cara
klik kanan gambar, Wrap text, In line
with text pada perangkat lunak pengolah kata.
B.
cara
klik kanan gambar, Wrap text, In line with text pada perangkat lunak pengolah kata.
C.
cara
klik kanan gambar, Inset, In line with text pada perangkat lunak pengolah kata.
D.
cara
klik kanan gambar, Go, In line with text pada perangkat lunak pengolah kata.
E.
cara
klik kanan gambar, save
as, In line
with text pada perangkat lunak pengolah kata.
|
A
|
34
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menerangkan pengelolaan informasi digital
melalui pemanfaatan komunikasi daring (online)
|
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi
menggunakan komputer sebagai
media, yang terjadi
secara serempak, waktu
nyata (real time). Contoh komunikasi yang
bukan komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:
A.
Text chat
B.
Video chat
C.
Video coll
D.
Email
E.
Sambungan Skype
|
D
|
35
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menerangkan pembelajaran kelas maya
|
Berikut ini semua adalah fitur kelas maya Edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut Kecuali.
A.
Kelas maya dengan sistem closed group collaboration; hanya mereka yang memiliki kode grup yang dapat mengikuti kelas.
B.
Komunikasi menggunakan model media sosial.
C.
Comercial
D.
Manajemen konten pembelajaran.
E.
Evaluasi pembelajaran
|
C
|
36
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menjelaskan perancangan visualisasi konsep
|
Untuk membuat visual konsep
filling cabinet yang paling mudah basa menggunakan viewport yang berupa…
A.
cilinder
B.
Cubus
C.
Plane
D.
Circle
E.
Cone
|
B
|
37
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menjelaskan perancangan visualisasi konsep
|
Istilah Pada proses
pemgambilan video “Pan kanan”
artinya……
A.
Gerakan
kamera dari bawah ke atas
B.
Gerakan
kamera dari kiri ke kanan
C.
Gerakan
kamera dari atas ke bawah
D.
Gerakan
kamera dari kanan ke kiri
E.
Gerakan kamera secara acak
|
B
|
38
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menjelaskan visualilsasi konsep dalam bentuk
simulasi visual
|
Pada pembuatan objek berupa gambar 3D berupa
suatu bentuk atau objek suatu benda
yang mirip aslinya dengan menggunakan progam blender untuk memvisualisasikan suatu objek atau benda
sering disebut:
A.
Visualisasi blender
B.
Visualisasi model
C.
Visualisasi digVisualital
D.
Visualisasi audio
E.
Visualisasi
|
B
|
39
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menerapkan pemanfaatan perangkat lunak
presentasi untuk kegiatan kantor
|
Seorang sekertaris pada suatu kantor dalam
melakukan suatu presentasi, aplikasi perangkat lunak yang tepat untuk
digunakan yaitu…….
A.
Ms Office Word
B.
Ms Office Excel
C.
Ms Office PowerPoint
D.
Ms Office Publisher
E.
Ms Office Access
|
C
|
40
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik
mampu menelaah pelaksanaan komunikasi daring
asinkron
|
e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan
menulis dokumen daring melalui World Wide Web. Adalah jenis komunikasi
A.
singkron
B.
asingkron
C.
daring
D.
luring
E.
website
|
B
|
No comments:
Post a Comment