Mata
Pelajaran : Otomatisasi Perkantoran
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi peralatan kantor yang digunakan
untuk kegiatan kantor
|
Mesin atau alat yang digunakan untuk mencetak dokumen secara
modern dan cepat dapat menggunakan………
A.
Mesin Stensil
B.
Mesin Offset
C.
Printer Laser Jet
D.
Mesin Fotocopi
E.
Teleprinter
|
C
|
2
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menerangkan langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata
|
Untuk mengatur ukuran atau batas pinggir ketikan,
langkah-langkah yang harus dilakukan adalah…….
A.
Page Layout, Margin, Custom Margin,
ataur pinggir kertas yang diinginkan
B.
Page Layout, Orientation, Custom
Margin, ataur pinggir kertas yang diinginkan
C.
Page Layout, Size, Custom Margin,
ataur pinggir kertas yang diinginkan
D.
Insert, Margin, Custom Margin, ataur
pinggir kertas yang diinginkan
E.
Home, Margin, Custom Margin, ataur
pinggir kertas yang diinginkan
|
A
|
3
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan
cara memformat teks
|
Agar suatu ketikan dapat tercetak TEBAL, maka format teks yang harus dilakukan adalah…….
A.
Blok teks pilih Font Size
B.
Blok teks pilih Font
C.
Blok teks pilih Underline
D.
Blok teks pilih Italic
E.
Blok teks pilih Bold
|
E
|
4
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan
cara pemanfaatan internet untuk kegiatan rapat (teleconference)
|
Suatu kegiatan rapat dari berbagai tempat yang terpisah melalui
jaringan internet dinamakan…….
A.
Telephone
B.
Telescope
C.
Daring (Dalam Jaringan)
D.
Teleconference
E.
Telecommunication
|
D
|
5
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menjelaskan aplikasi pengolah angka
|
Untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang berupa teks dan angka
seperti pengerjaan laporan keuangan akan lebih tepat menggunakan aplikasi …..
A.
Ms Office Publisher
B.
Ms Office Access
C.
Ms Office PowerPoint
D.
Ms Office Word
E.
Ms Office Excel
|
E
|
6
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mendeskripsikan cara memformat penampilan slide
|
Untuk mengatur agar gerakan tulisan atau gambar Slide pada
PowerPoint dapat tampil berbeda sesuai dengan yang diingikan, maka harus
mengatur……….
A.
Design
B.
Animations
C.
Slide Show
D.
Transitions
E.
Insert
|
B
|
7
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan
teknik mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat
|
Mengetik dengan mengfungsikan jari-jari sesuai denghan tugasnya
masing-masing disebut dengan istilah ………
A.
Mengetik dengan melihat pada
keyboard
B.
Mengetik dengan tanpa melihat pada
keyboard
C.
Mengetik dengan system buta
D.
Mengetik system 10 (sepuluh) jari
E.
Mengetik yang menggunakan program
Typing Master
|
D
|
8
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menentukan cara mencetak file dokumen
|
Langkah-langkah yang harus dilakukan pada cara mencetak file
dokumen Word yang benar untuk halaman 1-10, halaman 15, dan halaman 20 adalah
……….
A.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, All Pages, kemudian klik Print atau ENTER
B.
Klik File, klik Print, Pilih Printer,
Current Page, kemudian klik Print atau ENTER
C.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, ketik Nomor Halaman 1-10,15, 20 kemudian klik Print atau ENTER
D.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, ketik Nomor Halaman 1-20 kemudian klik Print atau ENTER
E.
Klik File, klik Print, Pilih
Printer, ketik Nomor Halaman 1-10-15-20 kemudian klik Print atau ENTER
|
C
|
9
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
memilih pengoperasian pemesanan / pembelian on-line (tiket, hotel, buku, majalah, dll)
|
Dalam melakukan transaksi pembayaran dalam pemesanan/pembelian
suatu produk secara online secara otomatis, hal yang paling utama yaitu harus
tersedia……….
A.
Akses Internet
B.
Kartu ATM
C.
Buku Tabungan
D.
Handphone
E.
Blog
|
B
|
10
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menelaah aplikasi pengolah angka untuk
menghasilkan data pembuatan format table
|
Untuk membuat suatu data pada aplikasi ms office excel yang
menampilkan warna pada suatu cell kolom atau row adalah …….
A.
Light
B.
Color Scales
C.
Line Color
D.
Fill Color
E.
Font Color
|
D
|
Mata Pelajaran : Korepondensi
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
11
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan Konsep Komunikasi
|
Komunikasi
yang dilakukan secara tertulis dan lisan
dinamakan komunikasi……..
A.
Verbal
B.
Non Verbal
C.
Visual
D.
Audio
E.
Surat Menyurat
|
A
|
12
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
menerangkan Tata laksana Prosedur Pembuatan Lay Out
Surat
|
Bentuk surat yang pengetikan bagian-bagian
suratnya lurus di bagian sebelah kiri kertas, kecuali kop surat nya bisa di
ketik secara sentering horisontal di sebut bentuk surat……..
A.
Lurus Penuh
B.
Lurus
C.
Setengah Lurus
D.
Menggantung
E.
Lekuk/Takuk
|
A
|
13
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi Peralatan/ Mesin Komunikasi
|
Intercom
adalah alat komunikasi yang dipergunakan untuk……..
A.
menyampaikan
warta atau keterangan antar kota
B.
menyampaikan
warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian
kebagian lain
C.
menyampaikan
warta atau keterangan antar propinsi
D.
menyampaikan
warta atau keterangan dari jarak jauh
E.
menyampaikan
warta atau keterangan dengan menggunakan SLJJ
|
B
|
14
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi Prosedur pembuatan surat dinas
|
Dibawah ini yang tidak termasuk bagian-bagian
surat dinas gaya Depdikbud adalah………
A.
Kop surat
B.
Nama surat dinas
C.
Nomor surat
D.
Salam Penutup
E.
Kota, Tanggal, Bulan dan Tahun di keluarkan surat dinas
|
D
|
15
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menunjukkan bentuk-bentuk surat menurut international style
|
Bentuk surat niaga yang pembuatannya secara menggantung di bawah ini adalah………
A.
Full Block Style
B.
Hanging Paragraf
C.
Block Style
D.
Semi Block Style
E.
Indented Style
|
B
|
16
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan cara membuat surat Bahasa Inggris (English Corrsespondence)
|
Yours
Sincerely dalam English correspondence merupakan………..
A.
Inside Address
B.
Salutation
C.
Complementary Closed
D.
Reference
E.
Attachment
|
C
|
17
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan Prosedur pembuatan surat niaga, dalam bahasa
Indonesia
|
Surat yang dikirimkan oleh penjual kepada calon
pembeli
dengan maksud memberikan keterangan mengenai
suatu barang/jasa yang adalah jenis surat……….
A.
Promosi penjualan
B.
Permintaan penawaran
C.
Penawaran
D.
Pesanan
E.
Pengaduan
|
B
|
18
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menentukan tata laksana prosedur pembuatan isi surat
|
Surat
yang berisi tentang menyebutkan dengan jelas nama/jenis barang, jumlah barang yang, kesanggupan membayar dengan
tunai atau kredit, Cara pembayaran dan pengiriman
barang yang dikehendaki, Waktu yang dikehendaki
dalam pengiriman barang, disebut dengan
surat…..
A.
Surat
Perkenalan
B.
Surat
Permintaan Penawaran
C.
Surat Penawaran
D.
Surat Pesanan
E.
Surat Pengaduan
(Claim)
|
B
|
19
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu memilih surat dinas yang sesuai dengan keperluannya
|
Surat yang di keluarkan oleh pihak atau instansi
yang lebih tinggi ditujukan kepada pihak bawahan, agar bawahan tersebut
melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan tertentu di sebut . . . . . .
A.
Surat Undangan Dinas
B.
Surat Edaran
C.
Surat Tugas
D.
Surat Kuasa
E.
Surat Keterangan
|
C
|
20
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merancang pembuatan alamat dalam surat dinas
|
Perhatikan pengetikan alamat dalam Bentuk Surat Dinas di bawah ini…......
Pengetikan alamat dalam surat
tersebut di gunakan pada saat mengetik surat dalam bentuk……
A.
Full Block Style
B.
Block Style
C.
Semi Block Style
D.
Official Old
E.
Official New
|
E
|
Mata Pelajaran : Kearsipan
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
21
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi fungsi
arsip
|
Arsip yang sudah tidak aktif dipergunakan dalam proses
penyelenggaraan administrasi suatu organisasi dinamakan………
A.
Arsip Penting
B.
Arsip Primer
C.
Arsip Sekunder
D.
Arsip Statis
E.
Arsip Dinamis
|
D
|
22
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi alat
dan bahan kearsipan
|
Perlengkapan
yang digunakan untuk menyimpan suatu dokumen sementara dalam proses digunakan…….
A.
Ordner
B.
Map Snelhecter
C.
Map Spring File
D.
Map Gantung
E.
Stop Map
|
B
|
23
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan nilai yang terkandung
dalam kearsipan
|
Nilai guna
arsip yang didasarkan pada kegunaan untuk pelaksanaan tugas fungsi
lembaga/instansi pencipta arsip termasuk…….
A.
Nilai Guna Keuangan
B.
Nilai Guna Hukum
C.
Nilai Guna Histori
D.
Nilai Guna Ilmiah dan Teknologi
E.
Nilai Guna Administrasi
|
E
|
24
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menunjukkan sistem penyimpanan arsip
|
Sistem penyimpanan arsip dokumen yang menekankanpada daerah asal
surat disebut…….
A.
Sistem Abjad
B.
Sistem Tanggal
C.
Sistem Wilayah
D.
Sistem Nomor
E.
Sistem Pokok Masalah
|
C
|
25
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merinci prosedur peminjaman arsip
|
Lembar bukti yang digunakan untuk bon peminjaman suatu arsip
dokumen dinamakan….…..
A.
Kartu Indek
B.
Kartu Katalog
C.
Filing Cabinet
D.
Daftar Klasifikasi
E.
Out Slip
|
E
|
26
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pengurusan surat masuk, surat keluar (SM/SK)
|
Buku yang
digunakan sebagai bukti pengiriman surat keluar ke suatu perusahaan disebut……….
A.
Buku Agenda
B.
Buku Ekspedisi Intern
C.
Buku Ekspedisi Ekstern
D.
Disposisi
E.
Buku Induk
|
C
|
27
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pengurusan surat masuk, surat keluar (SM/SK)
dengan pola baru
|
Setelah surat
masuk dari suatu perusahaan dicatat dalam buku agenda surat masuk, langkah
berikutnya adalah meneruskan surat kepada yang bersangkutan untuk diproses
atau ditindaklanjuti dengan menggunakan…………
A.
Disposisi
B.
Daftar Indek
C.
Daftar Klasifikasi
D.
Buku Ekspedisi
E.
Buku Agenda
|
A
|
28
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pemeliharaan dan perawatan arsip
|
Dibawah ini yang merupakan faktor penyebab kerusakan arsip,
kecuali ……….
A.
Sobek
B.
Cendawan (Jamur)
C.
Basah (terendam air)
D.
Penggunaan pembasmi serangga
E.
Terbakar
|
D
|
29
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengurutkan tata cara penyusutan arsip
|
Dalam melakukan tata cara penyusutan, agar pemusnahan arsip
dapat dilakukan dengan tepat antara surat; penting, rahasia, dan biasa harus
dilakukan jadwal……….
A.
Retensi
B.
Urgensi
C.
Potensi
D.
Kompetensi
E.
Lisensi
|
A
|
30
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu merancang cara kerja komputerisasi kearsipan/arsip elektronik
(indo fle, management record)
|
Untuk menemukan arsip dokumen dengan urutan Abjad pada suatu
Drive secara cepat dan tepat dalam penyimpanan sistem komputerisasi dengan
menggunakan pencarian…….
A.
Length
B.
Date
C.
Size
D.
Type
E.
Name
|
E
|
Mata Pelajaran : Pemanfaatan
Perangkat Lunak
No. Soal
|
Bentuk
soal
|
Indikator
Soal
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
31
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan perangkat lunak pengolah kata
|
Urutan penggunaan
Leader untuk penulisan table daftar isi suatu dukumen pada penggunaaan
software Mikrosoft Word adalah……..
A.
Pada Gutter terpasang, Doble Clik,
Pilih
Leader, Ok
B.
Pada Left margin
terpasang, Doble
Clik, Pilih Leader, Ok
C.
Pada Right margin terpasang, Doble Clik,
Pilih
Leader, Ok
D.
Pada Top Margin terpasang, Doble Clik, Pilih Leader, Ok
E.
Pada Tab terpasang, Doble Clik,
Pilih
Leader, Ok
|
E
|
32
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mendeskripsikan
pengertian komunikasi daring (online)
|
Komunikasi dengan penyampaian pikiran atau gagasan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan melalui jaringan
internet sering disebut………
A.
Komunikasi Verbal
B.
Komunikasi singkron
C.
Komunikasi Ansingkron
D.
Komunisi Formal
E.
Komunikasi daring
|
E
|
33
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu mendeskripsikan pemformatan dokumen/ buku digital
|
Berikut ini semua
adalah jenis file dalam bentuk buku digital, Kecuali………
A.
AZW– Amazon
World. ...
B.
EPUB– Electronic
Publication. ...
C.
Mpeg – Format
D.
MOBI– Format
MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. ...
E.
PDB– Palm File
Database.
|
C
|
34
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan komunikasi
daring (online)
|
Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara
tidak serempak, antara lain sebagai berikut……….
A.
Text chat
B.
Video chat
C.
Video coll
D.
Email
E.
Sambungan Skype
|
D
|
35
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerangkan pembelajaran kelas maya
|
Berikut
ini semua adalah fitur kelas maya Edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
A.
Sharing file dengan
format tertentu secara umum.
B.
Komunikasi menggunakan model media sosial.
C.
Comercial
D.
Jangkauan Terbatas
Karena umur.
E.
Berbayar
|
B
|
36
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan perancangan visualisasi konsep
|
Untuk
membuat visual konsep Gelas yang paling mudah bisa menggunakan viewport yang
berupa…
A.
cilinder
B.
Cubus
C.
Plane
D.
Circle
E.
Cone
|
D
|
37
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan perancangan visualisasi konsep
|
Istilah Pada proses pemgambilan video “Pan Kiri” artinya…….
A.
Gerakan kamera dari bawah ke atas
B.
Gerakan kamera dari kiri ke kanan
C.
Gerakan kamera dari atas ke bawah
D.
Gerakan kamera dari kanan ke kiri
E.
Gerakan kamera secara acak
|
D
|
38
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menjelaskan visualilsasi konsep dalam bentuk simulasi visual
|
Pembentukan
objek berupa gambar 3D berupa suatu bentuk
atau objek suatu benda yang mirip aslinya degan menggunakan progam
blender Guna memvisualisasikan suatu objek
atau benda sering disebut………
A.
Visualisasi blender
B.
Visualisasi model
C.
Visualisasi Virtual
D.
Visualisasi audio
E.
Visualisasi
|
B
|
39
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menerapkan pemanfaatan perangkat lunak presentasi untuk kegiatan
kantor
|
Jika Anda
Seorang sekretaris di Perusahaan Nasional ,diminta untuk membuat presentasi
menggunakan program Powerpoint 2017. Yang Harus anda Tuliskan Pada silde yang
pertama adalah……….
A.
Ilustrasi Presentasi
B.
Biodata presenter
C.
Judul Presentasi
D.
Tabel karyawan
E.
Ilustrasi Keuntungan
|
C
|
40
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik mampu menelaah pelaksanaan komunikasi daring asinkron
|
e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan
menulis dokumen daring melalui World Wide Web. Adalah jenis komunikasi
A.
singkron
B.
daring
C.
luring
D.
website
E.
asingkron
|
E
|
No comments:
Post a Comment